(Studi Kasus Pada Penerbit Majalah "Al Muslimun" Bangil)
Oleh: Nitis Yuli Waskito
(re-post dari http://rumah-publikasi.blogspot.com)
Abstraksi
Majalah
Al Muslimun merupakan majalah dakwah Islam yang terbit dengan visi
dakwah, dan misi untuk menyebarkan Islam serta menjawab keraguan tentang
Agama Islam ditinjau dari pandangan Islam demi memajukan kehidupan Umat
Islam. Aktivitas Dakwah yang dilakukan oleh Majalah Al Muslimum
tentunya tidak akan mencapai hasil yang maksimal tanpa adanya
kontinuitas dan usaha-usaha untuk tetap eksis serta lebih berkembang
pada lingkungan perusahaan yang mengalami perubahan sangat cepat.
Penelitian
diarahkan untuk mengetahui kondisi lingkungan usaha yang dihadapi oleh
penerbit Majalah Al Muslimun. Sehingga dapat dianalisis untuk menentukan
strategi yang akan diimplementasikan oleh perusahaan. Pemindaian
terhadap lingkungan perusahaan meliputi lingkungan eksternal dan
lingkungan internal perusahaan.
Berdasarkan
hasil pemindaian terhadap lingkungan tersebut, dilakukan analisis
dengan menggunakan beberapa matriks analisis strategi, antara lain:
matriks EFE, matriks IFE, matriks TOWS, dan matriks IE yang akan
menghasilkan alternatif-alternatif strategi. Dari beberapa
alternatif-alternatif strategi yang dihasilkan dengan menggunakan
matriks-matriks analisis strategi tersebut, dengan QSPM diambil satu
strategi yang diprioritaskan untuk diimplementasikan oleh perusahaan.
Dari
analisis yang telah dilakukan terhadap lingkungan usaha penerbit
Majalah Al Muslimun, diketahui bahwa strategi yang diprioritaskan untuk
diimplementasikan adalah Strategi Penetrasi Pasar. Strategi ini perlu
dilakukan karena peluang yang diperoleh oleh perusahaan sangat besar,
sementara produk yang selama ini dihasilkan terhitung berkualitas. Namun
demikian dalam analisis juga diperoleh alternatif strategi yang lain,
yaitu Strategi Pembenahan Diri dan Strategi Stabilitas. Jadi, Strategi
Penetrasi Pasar hendaknya juga diikuti dengan pembenahan diri
perusahaan, mengingat kondisi internal perusahaan, dalam hal ini
kelemahan perusahaan, masih belum sepenuhnya baik.
Peneliti
menyarankan agar penerbit Majalah Al Muslimun mempertimbangkan untuk
meningkatkan promosi agar penjualan mengalami peningkatan, serta
mengevaluasi pasar-pasar potensial dan konsentrasi ke pasar tersebut.
Saran-saran lain yang dapat peneliti berikan antara lain: perbaikan
administrasi, mempertahankan kualitas produk (majalah), dan meningkatkan
pelayanan kepada konsumen dengan ketepatan waktu terbit.
Kata kunci:
Manajemen Strategi, Strategi, Analisis Lingkungan, Matriks EFE, Matriks
IFE, Matriks TOWS, Matriks IE, QSPM, Strategi Penetrasi Pasar, Strategi
Turnaround, Strategi Stability.
Link Download File Penuh:
Bab 1 Pendahuluan
Bab 2 Tinjauan Pustaka
Bab 3 Metodologi Penelitian
Bab 4 Gambaran Umum Industri
Bab 5 Formulasi Strategi
Bab 6 Kesimpulan dan Saran
Note:
Bila link download tidak tersedia, silahkan kirim email ke netskit@gmail.com
If you did not found file in this link (broken link) please contact netskit@gmail.com
Password: silahkan kirim email ke netskit@gmail.com
Link Download File Penuh:
Bab 1 Pendahuluan
Bab 2 Tinjauan Pustaka
Bab 3 Metodologi Penelitian
Bab 4 Gambaran Umum Industri
Bab 5 Formulasi Strategi
Bab 6 Kesimpulan dan Saran
Note:
Bila link download tidak tersedia, silahkan kirim email ke netskit@gmail.com
If you did not found file in this link (broken link) please contact netskit@gmail.com
Password: silahkan kirim email ke netskit@gmail.com
No comments:
Post a Comment