10.28.2012

Sumpah Pemuda

Masih ingat Sumpah Pemuda? Sumpah yang diikrarkan oleh para Pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928? Dan hari ini adalah peringatan Hari Sumpah Pemuda. Masih ingat apa saja yang diikrarkan oleh para pemuda ketika itu? Mari bersama-sama mengingatnya, yang pertama adalah mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia. Kedua berbangsa satu Bangsa Indonesia, dan ketiga menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Ikrar atau sumpah itu sudah terjadi dan menjadi janji bersama selama 84 tahun, apakah kita terikat juga dengan sumpah itu? Sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia seharusnya kita juga terikat oleh sumpah tersebut, karena berawal dari sumpah pemuda tersebutlah cita-cita kemerdekaan Indonesia diperjuangan dengan persatuan. Dengan sumpah pemuda tersebutlah kita dapat menikmati Kemerdekaan Indonesia sekarang ini.

Namun meski sudah 84 tahun sumpah itu diikrarkan, tetapi masih banyak yang baik sengaja maupun tidak telah melupakannya. Kita ambil contoh saja dari bahasa.
Bagaimana kita menggunakan Bahasa Indonesia? Sudah benarkah Bahasa Indonesia yang kita gunakan? Baik secara lisan maupun tulisan? Meskipun dalam pergaulan sehari-hari, baik berkomunikasi lisan atau tulisan, kita menggunakan bahasa daerah, bahasa gaul, atau bahasa alay, apakah dalam situasi resmi kita sudah menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar? Sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan)?

Masih banyak penggunaan Bahasa Indonesia, khususnya dalam situasi formal, tidak sesuai EYD, entah tidak tahu atau sengaja. Coba kita perhatikan di sekeliling kita, masih banyak tulisan-tulisan dalam Bahasa Indonesia yang asal tulis. Bahkan banyak juga yang sok Inggris (menggunakan Bahasa Inggris) tapi diindonesiakan. Yang lebih sederhana ketika kita melihat spanduk-spanduk (menurut saya, spanduk adalah media formal yang seharusnya menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar) banyak tulisan yang tidak sesuai.

Mari mulai sekarang, kita menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD, kita harus bangga dengan Bahasa Indonesia, meskipun itu terbatas dalam situasi formal (bila informal silahkan saja menggunakan bahasa lain, bahasa alaypun tidak dilarang hehehehehe…). Tulisan saya ini ada tidak ya yang tidak sesuai dengan EYD? Mohon koreksi J

No comments:

Post a Comment